Cara Meningkatkan Kualitas dan Kesuburan Sperma Pria

Kualitas dan kuantitas sperma pria akan menentukan seorang pria menjadi subur atau tidaknya dalam upaya membuahi sel telur wanita. Namun, dalam ini masih terdapat solusi sebagai cara meningkatkan kualitas dan kesuburan sperma pria.

Diantara kendala yang kerap kali muncul pada sebagian besar pasangan suami istri ialah masalah reproduksi kedua pasangan. Namun yang lebih mendominasi pada pasangan dalam hal ini adalah kalangan pria dengan kualitas dan kesuburan sistem reproduksinya. Bukan sekedar memojokkan pasangan wanita dengan alasan belum bisa memberikan keturunan sering kali kalangan pria merasa berkeluh kesah dan mencari jalan solusinya. Semestinya kalangan pria dewasa sebisa mungkin bagaimana caranya supaya dapat merubah gaya hidup menjadi sehat sebab faktor inilah yang paling utama sebagai cara meningkatkan kualitas dan kesuburan sperma pria.

ramuan kesuburan pria, makanan untuk kesuburan pria dan wanita, obat kesuburan pria di apotik, vitamin kesuburan pria, obat alami untuk kesuburan pria, ramuan kesuburan pria kumpulan tips, ciri ciri lelaki subur, obat kesuburan pria resep dokter

Menurut Lembaga Kesehatan Dunia atau WHO memperoleh kajian secara ilmiah yang mana menunjukan adanya suatu hubungan infertilitas (kemandulan) pria dengan kondisi medis yang terjadi pada sperma pria berikut masalah yang terjadi pada sperma antara lain :

  • Oligospermia (penurunan jumlah sperma).
  • Astenozoospermia (penurunan pergerakan sperma).
  • Teratozoospermia (kelainan bentuk sperm).
  • Azoospermia. Kelainan bentuk, pergerakan dan jumlah sperma.

Kualitas dan kesuburan sperma pria dewasa bisa ditentukan oleh sedikit tidaknya konsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi cukup lengkap dan gaya hidup sehat. Makanan yang sehat dengan manfaat cukup baik khususnya bagi kesehatan reproduksi pria akan menjadikan sperma berkualitas sehingga bisa membuahi sel telur wanita.

Menurut kajian pakar kesehatan di bidang reproduksi dimana pria dewasa dengan kelainan bentuk sperma, pergerakan sperma, kekosongan sel sperma akan berdampak pada faktor infertilitas (kemandulan). Jadi, perlu diperhatikan bahwa adanya kelainan sperma pria dewasa bisa saja karena kurangnya nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan sperma dan gaya hidup tidak sehat.

Kelainan bentuk, fungsi dan pergerakan sperma tidak hanya mempengaruhi mudah atau tidaknya pasangan memiliki keturunan. Lebih dari itu, kualitas sperma juga mempengaruhi kualitas keturunan atau janin yang dilahirkan. Mulai dari pertumbuhan sel telur yang dibuahi, implantasi atau penanaman sel telur di rahim, dan yang paling penting, perkembangan janin itu sendiri. Bahkan kondisi keguguran pun juga bisa disebabkan kualitas sperma yang kurang baik.

Di bawah ini berdasarkan riset para ahli spesialis reproduksi terdapat 3 aspek yang menjadikan sperma pria dikatakan normal diantaranya sebagai berikut :

  1. jumlah sperma, tiap 1ml cairan mani, minimalmengandung 15juta sperma
    kemampuan bergerak sperma.
  2. Minimal 40% dari jumlah sperma, harus dapat bergerak, dan 25% dapat bergerak maju dengan cepat
  3. Bentuk sperma. Minimal 30% sperma, haris memiliki bentuk yang normal.

Di bawah ini hal-hal yang termasuk pada suatu pola gaya hidup tidak sehat diantaranya sebagai berikut :

Konsumsi minuman yang beralkohol

Mungkin kegiatan konsumsi minuman beralkohol hanya sering dilakukan oleh sebagian kecil kalangan pria dewasa. Menenggak minuman beralkohol tinggi dapat menyebabkan pria infertilitas atau bahkan mengalami gangguan seksualnya diantaranya kondisi impotensi, ejakulasi dini, lemah syahwat dan sebagainyua. Bahkan pria yang sering mengonsumsi minuman beralkohol tinggi lebih mudah terserang gangguan kesehatan baik menyangkut kejiwaan atau pun secara fisik.

Kurangi Stres

Stres dengan depresi sangat berbeda sekali pengertiannya stres adalah suatu sifat bawaan yang selalu ada pada setiap orang baik anak-anak hingga kalangan lanjut usia. Kondisi stres yang berlebihan menurut riset menunjukkan bahwa kondisi ini akan memicu infertilitas karena terjadi gangguan hormonal tubuh dan hormon reproduksi pria. Jadi sudah sepantasnya bagi pria dewasa untuk selalu meluangkan waktu menyegarkan diri dan menenangkan pikiran sebagai suatu cara meningkatkan kualitas dan dan kesuburan sperma.

Olahraga secara teratur

Jenis olahraga secara teratur banyak sekali macamnya dimana olahraga selain untuk membentuk kebugaran jasmani tentunya akan mempengaruhi terhadap kualitas sperma pria. Sistem reproduksi pria akan berjalan dengan lancar apabila sirkulasi tubuh pun berjalan secara optimal akibat dari kegiatan olahraga teratur. Bukan hanya itu saja, olahraga juga akan mencegah terjadinya gangguan sistem reproduksi dan seksual pria.

Istirahat yang cukup

Biasanya kalangan pria dengan segenap rutinitas hariannya selalu menyibukkan diri sehingga lupa untuk mengatur jadwal tidur karena tuntutan pekerjaan. Bahkan ada sebagian kalangan pria yang sengaja untuk begadang setiap malam tanpa ada urusan apa pun. Menurut penelitian para ahli bahwa begadang setiap malam akan menurunkan performa seksual dan menggangngu sistem reproduksi pria. Oleh karena itu, penting bagi pria bilamana ingin mencari cara meningkatkan kualitas dan kesuburan sperma pria yang harus dilakukan tentunya tidak membiasakan diri untuk begadang setiap malam.

Berhenti memakai celana ketat

Celana yang cukup ketat bukan sekedar mengganggu sistem reproduksi pria melainkan bisa menghambat aliran darah dan oksigen pada alat reproduksi pria. Jadi biasakan untuk memakai celana yang sedikit longgar agar tidak menekan alat reproduksinya.

Tidak terlalu sering berendam di air panas

Suhu yang panas dapat membuat sistem reproduksi pria terhambat akibat adanya faktor suhu lingkungan.

Cara meningkatkan kualitas dan kesuburan sperma pria dewasa hanya cukup merubah pola makan agar dapat memperbaiki kualitas sperma yaitu diantaranya :

Konsumsi Berbagai Jenis Lemak

Baik itu lemak nabati atau pun lemak hewani keduanya memiliki peranan cukup penting dalam menunjang keberhasilan untuk bisa membantu meningkatkan kualitas sperma menjadi lebih baik. Dalam penelitian para ahli di Amerika bahwa lemak trans sangat berpengaruh besar terhadap kualitas sperma pria dewasa. Jadi, jenis lemak ini hanya dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi bahan mentega, margarin, telur dan makanan yang digoreng seperti kentang goreng.

Bukan hanya sekedar pada makanan yang di goreng saja, jenis lemak trans sangat mudah di dapat dari jenis tumbuhan diantaranya minyak zaitun, minyak canola, minyak virgin coconut oil, minyak canola,dan jenis kacang-kacangan. Selain itu, produk olahan susu yang diternakkan secara organic juga baik untuk perkembangan kualitas sperma pria.

Makanan yang kaya akan antioksidan

Berbagai makanan yang kaya akan antioksidan  sangat mudah untuk di dapat hanya dengan rutin mengonsumsi buah-buahan atau pun sayuran hijau. Selain lemak sebagai asupan nutrisi untuk memperbaiki kualitas sperma, senyawa antioksidan pun berperan penting dalam hal ini. Sebab lemak salah satu jenis nutrisi yang mudah teroksidasi atau rentan terserang radikal bebas.

Senyawa antioksidan memiliki pernanan cukup baik khususnya dalam membantu menangkal radikal bebas pemicu gangguan produktivitas sperma. Makanan kaya antioksidan yang bisa di konsumsi tentunya sayuran dan buah-buahan. Terutama bayam hijau dan bayam merah, wortel, brokoli, bunga kol, kubis atau dari buah-buahannya jambu merah, tomat dan buah naga atau buah-buahan serba merah. Bukan sekedar itu saja, makanan seperti ubi ungu dan ubi kuning juga sangat kaya akan antioksidan dan memberikan asupan karbohidrat yang cukup baik.

Makanan berkarbohidrat tinggi

Jenis makanan yang mengandung karbohidrat akan sangat membantu sebagai cara meningkatkan kualitas dan kesuburan sperma pria. Karbohidrat terdiri dari karbohidrat sederhana dan kabohidrat kompleks yang mana keduanya cukup baik dalam hal membantu meningkatkan kualitas sperma. Makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi diantaranya gula pasir, tepung, beras, umbi, jagung, terigu, sagu dan jenis karbohidrat kompleks lainnya.

Makanan yang mengandung asam folat

Sudah sejak lama para pakar kesehatan mengkaji secara menyeluruh tentang adanya manfaat dari mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat terhadap kualitas dan kesuburan sperma. Nama asam folat merupakan nama lain dari vitamin B9 yang hanya dapat ditemukan pada berbagai jenis makanan yang kaya akan serat cukup tinggi seperti buah dan sayuran hijau.

Makanan yang mengandung Seng atau Zinc

Memanfaatkan semua bahan makanan yang mengandung senyawa zinc cukup baik untuk membantu meningkatkan kualitas dan kesuburan sperma pria. Kalangan pria dewasa dapat mengonsumsi makanan mengandung zinc yang dapat ditemui pada tiram, kepiting, lobster, daging sapi, dan daging ayam.

Makanan yang mengandung selenium

Menurut riset bahwa makanan yang mengandung selenium seperti pada kacang-kacangan dan biji-bijian secara utuh mampu menyuburkan kualitas sperma pria. Diantara jenis makanan yang mengandung selenium antara lain seperti kacang brazil, daging sapi, ikan sarden, ikan tuna , ikan salmon, udang, lobster, daging sapi, hati sapi, daging ayam, nasi merah, telur, bayam, jagung dan sereal makanan.


Posted By : Obat Penyubur Sperma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *