Kualitas Sperma Setelah Operasi Varikokel

Leave a comment

bisakah varikokel punya anak, hasil setelah operasi varikokel, setelah operasi varikokel bisa hamil, dampak setelah operasi varikokel, pantangan setelah operasi varikokel, konsultasi pasca operasi varikokel, biaya operasi varikokel 2014, perawatan setelah operasi varikokel

Varikokel merupakan salah satu dilatasi (pelebaran) di wilayah pembuluh darah vena pada buah zakar (testis). Pada pria sehat, besar kemungkinan mengalami varikokel merupakan sebagian besar dari pria yang mengalami keluhan tidak subur alias infertilitas akibat dari adanya keluhan kesehatan varikokel.

Faktor yang menjadikan terganggunnya kualitas sperma setelah operasi varikokel ini dikarenakan adanya gangguan tingkat inti yang mana menjadikan sperma menjadi tidak subur dan bahkan tidak bisa bereproduksi sebagaimana mestinya. Penyebab varikokel hingga sampai saat dan detik ini masih dalam tahap penelitian sejumlah argumen para ahli. Namun erat kaitannya untuk permasalah varikokel itu sendiri sebenarnya memang merupakan kondisi yang terjadi pada area testis di sebelah kiri, hal yang kerap kali muncul akibat bentuk pembuluh darah testis yang sedikit tegak lurus dan panjang sehingga mengakibatkan sulit sekali mengalirkan aliran darah dan terjadinya varikokel (pelebaran pembuluh darah yang terlihat menumpuk.

Kendati demikian jenis penyakit varikokel akan sangat timbul berbagai gejala lainnya sehingga akan mempengaruhi pada organ kedua testis. Secara umum varikokel itu sendiri tidak akan menimbulkan berbagai gejala apapun bahkan terkadang tidak disadari sama sekali oleh penderita. Gejala yang biasanya sering terjadi diantaranya tidak nyaman sebagai akibat buah zakar yang membesar pada saat posisi duduk dan berdiri cukup lama. Maka saat sedang berbaring kondisi buah zakar akan terlihat normal dan tidak membesar.

Ada pun mengenai gejala keluhan kesehatan yang diakibatkan oleh varikokel diantaranya terhadap testis dan organ vital antara lain :

■ Benjolan seperti adanya cacing yang terlihat berkelok-kelok pada permukaan skrotum.

■ Terasa nyeri pada bagian buah zakar atau testis.

■ kantung testis yang terkena tergantung lebih rendah dari yang normal sebagaimana mestinya.

■ Apabila gejala berlangsung lama maka testis akan mengecil tetapi hanya sebagian kecil gejala untuk yang satu ini.

Bentuk penanganan atau terapi yang secara khusus dalam membantu mencegah terjadinya varikokel adalah dengan melaksanakan prosedur operasi varikokel. Terapi prosedur operasi ini hanya dilakukan apabila telah terjadi gangguan yang patal dengan terjadinya gejala rasa sakit dan pembesaran skrotum dan memang telah dibuktikan bahwa penyebab infertilitas sendiri khususnya kalangan pria dewasa akibat varikokel.

Faktor kualitas sperma setelah operasi varikokel ini bisa berasal dari berbagai faktor operasi gangguan saat terjadinya operasi atau menimbulkan luka yang parah di area testis dan pembuluh darah alat kelamin. Saat melakukan penanganan dengan jalan upaya operasi varikokel ini menjadikan adanya faktor yang mendasari untuk sperma menjadi berubah jelek bahkan bisa saja mengalami infertilitas.

Menurut pakar kesehatan dari spesialis khusus beragumen bahwa jika memang benar hormon testosteron dan prolaktin tidak sesuai dengan kriteria, tentu dibutuhkan adanya pengobatan khusus dalam hal ini. Akan tetapi pengobatan pun belum cukup dapat berakibat baik setelah melakukan prosedur operasi khusus varikokel.

Dalam upaya harapan untuk dapat mengandung bagi kalangan wanita, tentunya tetap masih ada harapan yang bisa saja terjadi dan faktor kesuburan masih bisa membuahi sel telur. Namun jika jumlah sel sperma yang berasal dari pria yang pasca melakukan operasi varikokel yang jumlah selnya hanya sedikit sekali maka harapan untuk bisa hamil akan sedikit. Jika dilihat dari gejala akibat faktor operasi varikokel, maka sejauh mana buah testis telah mengalami kerusakan akibat varikokel dan gangguan hormon tersebut.

Di bawah ini efek yang mungkin bisa saja terjadi pasca operasi varikokel yang dapat mempengaruhi kualitas sperma setelah operasi varikokel diantaranya sebagai berikut :

■ Pembangunan dan pengobatan varikokel

■ Ketidaksuburan dan kualitas sperma menjadi berkuang sebagai konsekuensi yang setelah pasca operasi varikokel atau selama masih dalam pemulihan pasca operasi.

Berikut diantaranya berbagai komplikasi yang lebih umum terjadi akibat adanya varikokel di dalam alat vital pria antara lain :

■ Kemandulan

Infertilitas atau kemandulan bisa saja terjadi akibat adanya gangguan varikokel (pembuluh darah vena di dekat kantung testis) yang menyebabkan potensi untuk tidak bereproduksi sel sperma sebagaimana para pria yang normal sel spermanya. Banyak sekali kasus yang terjadi pasca operasi varikokel yang dilakukan pria dewasa sehingga menurunkan tingkat kualitas dan kuantitas sperma.

■ Terjadinya penyusutan testis

Katup pembuluh darah vena di dalam organ vital dapat rusak sehingga mengakibatkan darah menjadi terkumpul dan meningkatkan tekanan di dalam pembuluh darah. Tekanan dari pembuluh darah bersama dengan munculnya toksin ini akan menjadikan kerusakan cukup serius termasuk penyusutan testis.

Faktor penyebab varikokel

Varikokel ini secara umum sifatnya tidak ganas dan bersifat jinak, bukan termasuk pada bagian kanker atau sekedar bentukan tumor melainkan kondisi yang umum bisa saja terjadi pada kalangan remaja pria ketika masa pubertas. Pemicu terjadnya varikokel hingga kini masih dalam tahap penelitian secara berkelanjutan, akan tetapi diyakini sebagian besar argumen pakar kesehatan menerangkan bahwa adanya kelainan pada pembuluh darah yang mengakibatkan terjadinya penumpukkan darah dan menimbulkan pembengkakan di area skrotum.

Di dalam pembuluh vena terdapat katup-katup pembuluh yang berfungsi sebagai pintu satu arah. Ketika darah akan mengalir menuju jantung, katup akan terbuka agar darah dapat mengalir secara lancar ke organ tersebut. Begitu pula sebaliknya, katup akan menutup jika aliran darah berjalan lambat guna mencegah terjadinya aliran balik akibat gravitasi.

Jika katup tidak berfungsi dengan baik, maka darah akan mengalir balik dan mengendap di dalam pembuluh vena yang lama-kelamaan dapat menyebabkan pembengkakan alias varikokel.

 

Leave a Reply