Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 
Home » Kualitas Sperma » Penyakit Menular Seksual Trikomoniasis Pada Pria dan Wanita

Penyakit Menular Seksual Trikomoniasis Pada Pria dan Wanita, cara mengobati trikomoniasis, gambar penyakit trikomoniasis, trikomoniasis pdf, pengobatan trikomoniasis pada ibu hamil, makalah trikomoniasis, penyakit trikomoniasis dan pencegahannya, cara penularan trikomoniasis, patofisiologi trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh serangan protozoa parasit Trichomonas Vaginalis. Trichomoniasis adalah infeksi yang umumnya terjadi pada saluran genitourinari. Uretra yang merupakan area infeksi yang bisa terjadi pada pria, sedangkan vagina juga adalah area yang rentan terserang infeksi tersebut. Faktor yang lebih berisiko adalah pasangan yang terlibat dalam aktivitas seksual termasuk aktivitas seks bebas.

Kalangan wanita lebih umum terserang infeksi penyakit menular tersebut, sebab untuk kasus dewasa ini tercatat 7.4 juta dari sumber data WHO bahwa setiap tahun di Amerika Serikat kasus trikomoniasis lebih besar.  Trikomoniasis memicu rasa tidak nyaman seperti gatal dan perih dengan cairan berbau tidak sedap pada area intim.

Faktor risiko timbulnya infeksi Trichomoniasis vaginalis diantaranya :

○ Pasangan yang baru atau berganti-ganti pasangan.
○ Riwayat Infeksi Menular Seksual.
○ Kontak seksual dengan pasangan yang terinfeksi.
○ Bertukar seks untuk uang atau obat-obatan.
○ Menggunakan obat injeksi.
○ Tidak memakai alat kontrasepsi penghalang.
○ Pemakaian narkoba dan psikotropika.
○ Seks oral, seks anal, ciuman, dudukan toilet, dan handuk.

Gejala Penyakit Trikomoniasis

Gejala umum bagi wanita yang terinfeksi ditandai infeksi pada dinding vagina yang bersifat kronis atau akut. Dinding vagina terlihat kemerahan dan berair serta terbentuk peradangan kecil bernanah. gatal dan bengkak. Sekret vagina seropurulen berwarna kekuning-kuningan, kuning hijau, berbau tidak sedap dan berbusa. Tidak hanya itu bagian bawah perut terasa sakit, sakit saat buang air kecil atau berhubungan badan.

Bagi kasus trikomoniasis yang terjadi pada pria diantaranya menyerang uretra, kelenjar prostat, vesikula seminalis serta epididimis. Gejalanya berupa keseringan buang air kecil dan terasa sakit, cairan putih (bukan air mani) dari penis, adanya rasa sakit, bengkak, kemerahan pada area ujung penis.

Pengobatan Trickomoniasis

Pada umumnya medis sering memberikan antibiotik oral seperti metronizadol untuk pengobatan penyakit tersebut. Obat tersebut tidak diperuntukkan bagi ibu hamil sebab akan berdampak buruk untuk janin.

Sebagai langkah pencegahan adalah dengan melakukan konsultasi juga pemeriksaan medis. Dengan demikian, penyakit menular seksual tersebut dapat ditangani lebih lanjut agar tidak menular pada orang lain. Tidak hanya itu jika tertular infeksi tersebut, maka sementara waktu untuk menghentikan aktivitas seksual hingga benar-benar membaik.

Demikian ulasan mengenai penyakit menular seksual trichomoniasis. Mudah-mudahan dapat mengambil intisari dari setiap pembelajaran yang ada dan juga bermanfaat bagi semua.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*