Penyebab Terjadinya Ketidaksuburan Pada Sperma Pria

Penyebab Terjadinya Ketidaksuburan Pada Sperma Pria

Masalah Ketidaksuburan Pada Sperma Pria

ciri ciri lelaki subur, tanda fisik pria subur, penyebab tidak subur pada pria, makanan agar sperma berkualitas, agar kandungan subur dan cepat hamil, cara mengatasi ketidaksuburan pada wanita, ciri ciri mandul pada pria, ciri-ciri pria mandul secara fisik

Ketidaksuburan pada pria merupakan masalah ketidak mampuan suami untuk mendapatkan  keturunan akibat ketidaksuburan pada sel spermanya. Telah di ketahui bahwa gangguan kesuburan (infertilisasi) pada suami itu merupakan faktor pemicu pada 40% pasangan infertil lainnya. Sperma yang sehat itu yang memiliki bentuk sempurna, lincah, dan memiliki gerakan yang cepat. Sperma yang gerakannya lambat tidak sempurna dengan berenang menuju arah yang salah membuat pembuahan menjadi sangat sulit.

Beberapa pakar kesehatan bidang reproduksi menyebutkan, ada dua penyakit atau kondisi yang sering menyebabkan kurangnya kualitas sperma sehingga menyebabkan pria kurang subur yakni varicocele dan penyakit menular seksual(PMS). Varicocele ialah varises pada pembuluh darah balik yang berada di sekitar testis (vena plexus pampiniformis).

Gangguan kesuburan pria mengenai masalah sperma bisa dibedakan, seperti :

  • Gangguan pada testis (testicular)
    Penyebab genetik, seperti kelainan kromosom karena trauma atau tepukul
  • Gangguan Sebelum testis (pretesticular)
    Gangguan hormonal, seperti terkena radiasi.
  • Gangguan Setelah Testis (posttestiscular)
    Tidak terbentuknya saluran sperma misalnya infeksi penyakit menular seksual (PMS) atau penyakit tuberkulosis (TB).
    Semua jenis gangguan itu bisa akibta genetika (bawaan lahir)

Kelainan genetik
Ketidaksuburan pria bisa di sebabkan karena kelainan genetik seperti cystic fibrosis. Gangguan Gebetik meliputi kromosom seks, yang terjadi pada sindrom klinefelter.

Gangguan Hormonal
Gangguan Hormonal yang terjadi bisa menghalangi prduksi sperma, agar menghasilkan sperma dan unutk merangsang testis dibutuhkan hormon dihasiklkan oleh kelenjar ptituari. Jika hormon itu tidak ada, atau jumlah nya menurun yang di signifikan maka sudah tentu kinerja testis tidak akan sempurna.

Sumbatan Saluran Sperma
Bawaan lahir biasanya itu penyebabnya karena tidak terbentuknya sebagian saluran sperma. Infeksi juga bisa menyebabkan terjadinya sumbatan saluran sperma. Infeksi pada saluran reproduksi bisa di sebabkan oleh bakteri yang melalui peyakit menular seksual.

Varikokel
Terjadinya pelebaran pembuluh darah Vena di sekitar Buah Zakar. Ini biasanya teridentifikasikan adanya benjolan pada bagian atas buah zakar dan biasanya pada sebelah kiri.

Impotensi
Penis memerlukan aliran darah yang cukup agar bisa tegak. Penyakit pembuluh darah (aterosklerosis) bisa menyebabkan impotensi. Akibat Impotensi itu adanya bekuan darah atau akibat pembedahan pembuluh darah yang menyebabkan tergantungnya aliran darah arteri ke penis.

Minuman Beralkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah yang sangat banyak bisa menurunkan kadar hormon testoteron hingga mengangganggu produksi hormon.

Merokok
Rokok bisa menambah resiko mandul dan disfungsi ereksi pada pria. Kandungan nikotin membuat darah menjadi mengental hingga tidak bisa beredar dengan lancar. Akibatnya gangguan-gangguan seksual akan dialami oleh pria.

Pengaruh radiasi
Radiasi memberikat efek negatif terhadap kualitas sperma, selain itu sperma yang terpengaruhi radiasi itu akan memiliki gerakan berenang yang kurang baik yang bisa mempengaruhi kesempatan untuk pembuahan.

Pengaruh obat
Ada beberapa jenis obat yang bisa mempengaruhi tingkat kesuburan. Sepeti obat antibiotik, pereda rasa sakit, obat penenang, obat hormon yang bisa menurunkan tingkat kesuburan pria.

Hal pertama yang perlu anda lakukan terhadap masalah kesuburan ini dengan bekonsultasi dengan dokter yang dalam ahli spesialis Urologi. Jika sudah melakukan pemeriksaan, dokter pasti akan menyarankan anda untuk pemeriksaan semen untuk memeriksa kualitas sperma dalam semen. Apabila semen yang pertama normal maka dokterkan menyarankan pemeriksaan kedua unutk meyakinkan hasil analisa semen yang normal. Beberapa analoita semen yang bisa terdeteksi :

  • Azoospermia, yakni tidak adanya produksi sperma atau sperma tidak terdapat dalam semen.
  • Ligospermia, yaitu hanya sedikit sperma yang di produksi.
  • Masalah morfologi sperma yaitu masalah ayang berhubungan dengan bentuk dan struktur sperma yang menyebabkan infertilitas
  • Masalah pergerakan sperma. Apabila sperma tidak bergerak dengan normal maka sperma itu tidak bisa membuahi ovum.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda semuanya, dan terima kasih sudah berkunjung ke website kami ini. Salam Sehat !


Posted by : Informasi Penyubur Sperma Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *